Untuk mewujudkan Sumedang kota berbasis elektronik, Pemerintah Sumedang sangat gencar meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Inovasi serta pelayanan publik berbasis digital. Hal ini dibuktikan dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan lewat E-Office guna mendukung sumedang menuju smart goverment, smart economy, smart living, smart serenity, smart environment, dan smart education yang merupakan entri point untuk membangun Kota Digital Sumedang happy digital region dengan basis data drive goverment yang mengacu pada Kebijakan Pemerintahan, Tatakelola, Manajemen, serta Layanan Pemerintahan. Untuk menuju Kota Sumedang berbasis digital maka diperlukan SDM ASN yang memiliki mental denga sudut pandang digital leading antara lain, supporter, driver, enabler, transformer serta Enabler, sehingga program pemerintah ini dapat berjalan dengan baik. Dalam hal mendukung program pemerintah ini maka Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang dengan Aplikasi SISEMAR (Sistem Smart Mencintai Arsip) ikut andil untuk melaksanakan pelayanan elektronik dalam hal alih media arsip statis. Adapun tujuanya adalah menjaga arsip statis yang memiliki nilai historis di Kabupaten Sumedang tetap terjaga serta terpelihara keutuhanya.